Kamis, 10 Juli 2014

DI BARITO UTARA JOKOWI - JK MENANG TELAK 65,30%


Calon Presiden Joko Widodo
Muara Teweh, DP,- Hasil perolehan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 9 Juli 2014 yang lalu
menurut data real count tim pemenangan Jokowi_JK, pasangan nomor urut 2 Jokowi - JK unggul 65,30% diatas pasangan nomor urut 1 Prabowo - Hatta 44,70%.


Data tersebut dikumpul para saksi TPS dan relawan pasangan nnomor urut 2 tersebut dari 351 TPS yang tersebar di 120 desa/kelurahan pada sembilan wilayah kecamatan se kabupaten Barito Utara, angka tersebut sedikit diatas target tim pemenangan pasangan tersebut yang ditetapkan sebelumnya 60 %.
Menurut pemantauan media ini, sebelum pelaksanaan pesta demokrasi tersebut digelar sudah menunjukan kuatnya dukungan rakyat kabupaten tersebut kepada pasangan Capres/Cawapres yang diusung oleh koalisi PDI-P, Nasdem, PKB, Hanura dan PKPI tersebut. Mulai dari perbincangan para elit lokal hingga obrolan warung kopi nama pasangan nomor 2 tersebut selalu menjadi buah bibir warg Barito Utara, hanya sebagian kecil dari mereka yang menggunggulkan pasangan Prabowo - Hatta.
Sementara itu menurut tabulasi pada Posko Pilpres yang berkantor di Kesbangpol Kabupaten Barito Utara, Kamis (10/7) siang, tampak perolehan suara pasangan capres/cawapres nomor urut 2 Jokowi - JK 36,73%, sementara suara pasangan nomor urut 1 Prabowo - Hatta hanya 19,59%, pada posisi jumlah suara yang sudah masuk 56,39%.dari kurang lebih 108.800 pemilih.
Adapun penyebaran perolehan suara kedua pasangan capres/cawapres tersebut, untuk pasangan Jokowi - JK umumnya berasal dari para pemilih yang tersebar diseluruh desa di kabupaten itu, sementara untuk pasangan Prabowo - Hatta umumnya berasal dari sejumlah TPS di perkotaan, dipasar-pasat dan di kawasan kompleks perumahan tertentu.
Bila dilihat distribusi perolehan suara per kecamatan, maka pasangan  Jokowi - JK unggul disenua kecamatan dan terdapat kecamatan yang perolehan suara pasangan ini mencapai 80,50%, yaitu di Kecamatan Gunung Timang. Sementara pasangan Prabowo - Hatta rata-rata memperoleh suara dibawah angka 30%, kecuali untuk kecamatan Teweh Tengah pasangan nomor urut 1 ini memperoleh suara 45,8%, dibandingkan perolehan pasangan nomor urut 2 unggul dengan perolehan suara 54,2 %, wilayah kecamantan Teweh Tengah ini sebagian besarnya adalahan kawasan kota Muara Teweh ibukota kabupaten Barito Utara.(j/1)




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...